Selasa, 19 Agustus 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Anggur

Anggur adalah buah yang dapat diolah menjadi kismis, jelly, jus dan minuman fermentasi lainnya. Jika dimakan langsung, rasanya yang manis dengan sedikit kenyal dibagian dagingnya membuat buah ini terus kebanjiran peminat. Buah ini awalnya hanya di lestarikan di kawasan Timur Tengah sekitar 4000 SM silam. Setelahnya, ditemukan sejumlah negara yang melakukan pengolahan lebih lanjut terhadap buah ini seperti di kawasan Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Austria dan Perancis. Buah ini tersebar luas karena dibawa oleh Christoper Colombus dalam perjalanan mengitari dunia.
Salah satu keunikan dari buah ini adalah cara merawatnya ketika ditanam. Anggur tidak mampu tumbuh subur di kawasan yang dingin seperti puncak dan daerah dataran tinggi lainnya. Akan tetapi buah ini lebih bertahan dan tumbuh subur di daerah dataran rendah. Tanaman anggur justru butuh musim kemarau panjang dalam kurun waktu 4 - 7 bulan agar bisa tumbuh disertai intensitas sinar matahari yang cukup tinggi.
Buah ini disukai semua orang dari berbagai kalangan, mulai yang muda hingga yang menjelang lansia tak pernah mengacuhkan buah yang satu ini. Hebatnya lagi, di samping nikmat dan segarnya anggur, tersimpan juga kandungan nutrisi yang bermanfaat buat tubuh.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan
Sekiranya wajib Anda ketahui juga apa-apa saja khasiat buah anggur untuk kesehatan. Pasalnya buah ini memberikan tubuh berupa senyawa polifenol dan resveratol yang berperan dalam metabolisme tubuh. Tidak cuma itu, zat antioksidan yang tersimpan dalam buah anggur ampuh dalam menangkl radikal bebas.

Berikut lebih lengkap mengenai manfaat buah anggur bagi kesehatan:

1. Mencegah kerusakan ginjal
Anggur berkemampuan untuk mencegah terjadinya kerusakan ginjal dengan cara menyingkirkan asam pada ginjal yang menjadi pemicu terjadinya gangguan kesehatan pada organ ginjal.

2. Obat migrain
Migrain atau obat sakit kepala sebelah bisa diatasi dengan anggur, tapi bukan dengan menggosok-gosokkan anggur ke kepala Anda yang pusing, sangat aneh sekali.
Obat migrain dari anggur dibuat dengan merubah anggur jadi bentuk jus anggur murni tanpa dibaurkan dengan air. Rutinlah minum jus ini di pagi hari karena berkhasiat untuk menyembuhkan migrain yang mencengkram.


3. Menyehatkan pencernaan

Masalah yang terkait dengan sistem pencernaan terkadang membuat kita tak nyaman, sebagai contoh sembelit atau susah buang air besar. Disini anggur berperan sebagai penyembuh masalah tersebut dan beberapa problem lain yang juga hinggap pada sistem pencernaan Anda.


4. Gangguan kesehatan organ jantung menjauh

Anggur akan meningkatkan produksi senyawa oksida nitrat dalam darah yang diperlukan oleh tubuh untuk menunjang kesehatan jantung, mencegah pembekuan dan mengecilkan risiko penyakit jantung. Zat antioksidan dalam buah anggur juga berkhasiat untuk memberhentikan oksidasi kolesterol jahat yang membuat pembuluh darah terhambat.


5. Pengundang semangat

Ketika tubuh lelah akibat tenaga dan otak digunakan untuk berkontraksi setiap jam akan membuat Anda tak berdaya. Jika hal ini terjadi di saat genting Anda tak usah repot-repot ke toko obat untuk mencari obat penambah semangat sebab jus anggur saja sudah cukup (karena didalamnya terdapat zat besi yang juga sebagai penambah energi alami).


6. Kanker payudara

Entah benar atau tidak yang jelas anggur ungu telah diteliti oleh para ahli bahwsanya mampu mencegah tumbuhnya sel kanker payudara yang secara berangsur-angsur menurunkan ukuran tumor pada payudara.


Sumber : Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar